IMG_20161228_062050

ala-ala mbak selebgram @kiftihislami

Hidup paling merdeka di seluruh jagad raya adalah ketika travelling ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi. Perjalanan darat, laut, dan udara selalu memberikan arti kehidupan yang baru. Di kereta misalnya. Sepanjang perjalanan melewati beberapa tempat dan alam mengajarkan kita untuk selalu tidak menunda-nunda with what in front of us.

Lebih syahdu lagi ketika berdialog dengan diri sendiri. Perjalanan kereta menjelma menjadi perjalanan yang penuh selaksa makna.

Perjalanan dengan bus. Pos-pos pemberhentiannya mengajarkan kita untuk selalu flexibel menjadi orang. Harus lebih adaptif terhadap hidup. Misalnya bus berhenti di provinsi lain untuk makan maupun sholat. Bus berjalan mulai dari kudus kemudian berhenti di Tuban, Jawa Timur. Tentunya lidah harus dipaksa untuk  menyesuaikan cita rasa di tempat tersebut. Terkenal jika Tuban rasa masakannya asin dan cenderung hambar. Beda dengan jawa tengah. Bali juga beda.

Pesawat terbang. Dengan pesawat terbang kita bisa belajar jika kita mahluk yang kecil di dunia. Yang kudu penuh kerendah hatian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s